THE APHELION



Apakah kalian sekarang merasa bahwa suhu lebih dingin dari pada biasanya..?.Beberapa orang berpendapat bahwa terjadi peristiwa Aphelion.Bukan Alpenlieble loh ya...wkwkkw.Apa itu aphelion?,Aphelion adalah posisi Bumi berada jauh dari Matahari yang menyebabkan suhu Bumi menjadi lebih dingin dan mencapai titik minimumnya.Namun Deputi Bidang Meteorologi, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mulyono R. Prabowo menyangkal tentang peristiwa tersebut.Menurutnya penyebab suhu udara dingin di beberapa daerah, seperti Bandung, Sukabumi, Malang dan Dieng tidak ada kaitannya dengan fenomena aphelion. Pada musim kemarau suhu udara dingin merupakan fenomena alamiah yang biasa terjadi di bulan puncak yaitu Juli – Agustus. Juga yang menjadi penyebab penurunan suhu pada Juli 2018? Karena, ujar Mulyono, dalam beberapa hari terakhir di Jawa, Bali, NTB, dan NTT kandungan uap di atmosfer cukup sedikit. Hal ini terlihat dari tutupan awan yang tidak signifikan selama beberapa hari terakhir.Ia menyampaikan rendahnya kandungan uap di atmosfer ini menyebabkan energi radiasi yang dilepaskan oleh bumi ke luar angkasa pada malam hari tidak tersimpan di atmosfer.






Energi yang digunakan untuk meningkatkan suhu atmosfer di atmosfer lapisan dekat permukaan Bumi tidak signifikan.Hal inilah yang menyebabkan suhu udara di Indonesia saat malam hari di musim kemarau relatif lebih rendah dibandingkan saat musim hujan atau peralihan.pada Juli ini wilayah Australia berada dalam periode musim dingin. Sifat dari massa udara yang berada di Australia ini dingin dan kering. Adanya pola tekanan udara yang relatif tinggi di Australia menyebabkan pergerakan massa udara dari Australia menuju Indonesia atau dikenal dengan istilah 
monsoon dingin Australia semakin signifikan.Akibatnya angin bertiup dari selatan ke utara. Angin ini pula yang mendorong awan menjauh ke utara sehingga di Indonesia mengalami musim kemarau. Di Indonesia pada musim kemarau saat ini angin bertiup dari arah Australia yang musim dingin.

Mungkin itulah mengapa kita merasakan suhu yang dingin di musim kemarau..

<enjoy

Komentar

Postingan Populer