ABOUT MY HOME TOWN


                                Keindahan yang tersembunyi


Pasuruan merupakan sebuah kota yang berada di provinsi jawa timur. Kota ini terletak 60 km sebelah tenggara Surabaya, yang merupakan ibu kota provinsi Jawa Timur dan 355 km sebelah barat laut Denpasar, Bali. Kota Pasuruan berada di jalur utama pantai utara yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Bali yang menjadikannya sebagai kota dengan prospek ekonomi yang besar di kawasan Indonesia bagian timur.


Nah kalau aku sendiri tinggal pucuk kabupaten pasuruan.Aku tinggal di desa banjarimbo yang berkecamatan lumbang.Yaps tak banyak orang mengetahui mengenai tempat tinggal ku tersebut.Namun jangan salah meskipun terletak di daerah pedalaman,banyak sekali kebudayaan,wisata dan makanan khas yang perlu kalian datangi,kunjungi,ketahui,dan menikmati.Pertama aku akan bercerita mengenai budaya disana

1.Kasada



      Kasada atau Hari Raya Yadya Kasada adalah sebuah hari upacara sesembahan berupa persembahan sesajen kepada Sang Hyang Widhi. Setiap bulan Kasada hari-14 dalam penanggalan jawa diadakan upacara sesembahan atau sesajen untuk Sang Hyang Widhi dan para leluhur, kisah Rara anteng (Putri Raja Majapahit) dan Jaka Seger (Putra Brahmana).Menurut kakekku,asal mula Suku Tengger di ambil dari nama belakang keduanya, pasangan Rara Anteng dan Jaka Seger membangun pemukiman dan kemudian memerintah di kawasan Tengger dengan sebutan Purbowasesa Mangkurat Ing Tengger, yang mempunyai arti “Penguasa Tengger yang Budiman”. Mereka tidak di karunia anak sehingga mereka melakukan semedi atau bertapa kepada Sang Hyang Widhi, tiba-tiba ada suara gaib yang mengatakan bahwa semedi mereka akan terkabul namun dengan syarat bila telah mendapatkan keturunan, anak yang bungsu harus dikorbankan ke kawah Gunung Bromo.

2.Debus



     Debus merupakan kesenian yang sudah ada didaerahku sejak dahulu.Menurut beberapa tokoh disana,seorang pemain/pelaku acara debus ini harus mengikut beberapa ritual wajib.Seperti mandi pakai bunga setaman ( 7 rupa ),bertapa selama 5 hari di dekat air terjun mada kalipura.Debus sendiri biasanya akan digelar ketika acara selamatan desa dan bertempat di air terjun mada kalipura

Kesenian debus yang sering dipertontonkan di antaranya:


· Menusuk perut dengan tombak atau senjata tajam lainnya tanpa terluka.


· Mengiris bagian anggota tubuh dengan pisau atau golok.


· Memakan api.


· Menusukkan jarum kawat ke lidah, kulit pipi atau anggota tubuh lainnya hingga tebus tanpa mengeluarkan darah.


· Menyiram tubuh dengan air keras hingga pakaian yang dikenakan hancur lumat namun kulit tetap utuh.


· Menggoreng telur di atas kepala.


· Membakar tubuh dengan api.


· Menaiki atau menduduki susunan golok tajam.

Bergulingan di atas serpihan kaca atau beling

3.Selamatan desa




     Selametan adalah suatu bentuk acara syukuran dengan mengundang beberapa kerabat atau tetangga . Secara tradisional acara syukuran dimulai dengan doa bersama, dengan duduk bersila di atas tikar, melingkari nasi tumpeng dengan lauk pauk.Biasanya selamatan desa dilaksanakan ketika musim panen raya.Semua orang diwajibkan membawa hasil panen nya dan membawa makanan menuju tempat yang disepakati.Biasanya di dekat mada kalipura ataupun triban.Setelah sampai disana hasil panen tersebut ditaruh dalam satu tempat,untuk memberi makan kepada hewan-hewan disekitar.Setelah selesai orang-orang akan berkumpul dan menyantap hidangan yang sudah ditaruh dibawah pohon beringin.Biasanya akan diselingi pertunjukan Tari khas jawa timur,debus,dan lain-lain.


Itu sedikit tentang budaya di desaku,kali ini kita akan membahas makanan dan wisata yang wajib kalian coba dan kunjungi ketika berlibur ke pasuruan.

1.Klepon


       Klepon atau kelepon merupakan jenis makanan tradisional atau Kue tradisional indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajan pasar. Makanan ini merupakan makanan ciri khas kabupaten pasuruan yang terbuat dari tepungb beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah atau kacang hijau tumbuk lalu direbus dalam air mendidih. Klepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga klepon tampak berbalur parutan kelapa. Biasanya klepon diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang.


2.Precet



          Kue Precet adalah salah satu kue tradisional yang berasal dari daerah Jawa timur, khususnya wilayah pedalaman seperti ku. Kue ini termasuk salah satu panganan favorit yang dibuat dan dihidangkan ketika ada hajatan,selamatan,maupun idul fitri. Bahan dan cara pembuatannya pun tergolong sederhana. Yakni tepung beras, telor, vanili, mentega, sedikit garam, wijen, dan gula. Setelah semua bahan tercampur membentuk sebuah adonan, melalui sebuah cetakan khusus adonan tersebut dimasukkan. Selanjutnya, adonan yang sudah berada dalam cetakan ditekan hingga keluar dan membentuk sebuah motif yang tak beraturan.

3.Mada kalipura



      Air terjun ini terkenal mistis nya.Setiap tahun pasti akan memakan korban.Selain itu penduduk disana juga mengadakan sejenis pertunjukan Debus.Namun dibalik itu semua,kalian akan disuguhi pemandangan yang sangat eksotis dan menawan.Kalian juga dapat berselfie ria maupun berenang disana.Dapat aku jamin kalian nanti bakal terkagum dan terkesan denganya.


   Itu tadi sedikit penjelasan mengenai desaku.Apa kalian tertarik untuk pergi kesana...?






Komentar

Postingan Populer